Ikuti Langkah-Langkah Dibawah ini Untuk Membuat Lingkaran dan Kotak Menggunakan Java NetBeans :
1. Buatlah project baru di NetBeans, Pilih File > New Project
2. Pilih kategori di Java NetBeans, Pilih Java dan klik project Java Aplication
3. Klik Tombol Next
4. Setelah melakukan Langkah ke 3 buatlah project dengan nama "Bentuk" lalu klik Finish
5. Lalu copy script dibawah ini dan masukan ke project yang telah kalian buat tadi
Baca Juga :
Membuat Line Chart Menggunakan JavaNetbeans Tanpa JFreechart
Membuat Pie Chart Menggunakan JavaNetbeans
Membuat Kapal Menggunakan JavaNetbeans
package bentuk;
import java.awt.*;
import
java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @author Asus
*/
public class Bentuk {
/**
* @param args the command line arguments
*/
public static void main(String[] args) {
// TODO code application logic here
//Buat frame dengan title sesuai
kebutuhan
JFrame frame = new JFrame
("gapapalah.blogspot.com");
frame.setSize(650,350);
frame.addWindowListener(new
WindowAdapter() {
public void
windowClosing(WindowEvent e)
{
System.exit(0);
}
});
//tambahkan objek dari
//Panah canvas = new Panah();
//Bintang canvas = new Bintang();
//Mobil canvas = new Mobil();
//Kapal canvas = new Kapal();
//cobal canvas = new cobal();
Boolean canvas = new Boolean();
frame.getContentPane().add(canvas);
frame.pack();
//agar frame muncul di tengah layar
frame.setLocationRelativeTo(null);
frame.setVisible(true);
}
}
Membuat Java Class dengan Nama “Boolean”
JAVA CLASS
package bentuk;
// modul-modul yang
akan digunakan
import java.awt.*;
import
java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
*
* @Author Asus
*/
public class Boolean
extends JPanel {
public Boolean () {
//menambahkan Canvas berukuran 400x200
this.setPreferredSize (new
Dimension(400, 200));
this.setBackground(Color.WHITE);
}
protected void paintComponent(Graphics g) {
//paint component dengan default method
super.paintComponent (g);
Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
//Definisikan lingkaran dan kotak
Shape lingkaran = new
Ellipse2D.Double(20, 20, 100, 100);
Shape kotak = new Rectangle2D.Double(100,
20, 100, 100);
//Definisikan area untuk masing-masing
shape
Area area = new Area(lingkaran);
Area areaKanan = new Area(kotak);
//Operasi UNION
area.add(areaKanan);
g2.setColor(Color.GREEN);
g2.fill(area);
g2.setColor(Color.RED);
g2.draw(lingkaran);
g2.draw(kotak);
}
}
No comments:
Post a Comment