Membuat Lingkaran dan Kotak Menggunakan Java NetBeans - GAPAPALAH BLOG

Breaking

Friday, April 26, 2019

Membuat Lingkaran dan Kotak Menggunakan Java NetBeans




Ikuti Langkah-Langkah Dibawah ini Untuk Membuat Lingkaran dan Kotak Menggunakan Java NetBeans : 

1. Buatlah project baru di NetBeans, Pilih File > New Project
2. Pilih kategori di Java NetBeans, Pilih Java dan klik project Java Aplication
3. Klik Tombol Next
4. Setelah melakukan Langkah ke 3 buatlah project dengan nama "Bentuk" lalu klik Finish
5. Lalu copy script dibawah ini dan masukan ke project yang telah kalian buat tadi


Baca Juga : 

package bentuk;

import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
 *
 * @author Asus
 */
public class Bentuk {

    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args) {
        // TODO code application logic here
        //Buat frame dengan title sesuai kebutuhan
        JFrame frame = new JFrame ("gapapalah.blogspot.com");
        frame.setSize(650,350);
        frame.addWindowListener(new WindowAdapter() {
            public void windowClosing(WindowEvent e)
            {
                System.exit(0);
            }
        });
       
        //tambahkan objek dari
       
        //Panah canvas = new Panah();
        //Bintang canvas = new Bintang();
        //Mobil canvas = new Mobil();
        //Kapal canvas = new Kapal();
        //cobal canvas = new cobal();
        Boolean canvas = new Boolean();
       
        frame.getContentPane().add(canvas);
       
        frame.pack();
        //agar frame muncul di tengah layar
        frame.setLocationRelativeTo(null);
        frame.setVisible(true);
    }
}


Membuat Java Class dengan Nama “Boolean”

JAVA CLASS

package bentuk;

// modul-modul yang akan digunakan
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
import java.awt.geom.*;
import javax.swing.*;
/**
 *
 * @Author Asus
 */
public class Boolean extends JPanel {
    public Boolean () {
        //menambahkan Canvas berukuran 400x200
        this.setPreferredSize (new Dimension(400, 200));
        this.setBackground(Color.WHITE);
    }
   
    protected void paintComponent(Graphics g) {
        //paint component dengan default method
        super.paintComponent (g);
        Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
       
        //Definisikan lingkaran dan kotak
        Shape lingkaran = new Ellipse2D.Double(20, 20, 100, 100);
        Shape kotak = new Rectangle2D.Double(100, 20, 100, 100);
        //Definisikan area untuk masing-masing shape
        Area area = new Area(lingkaran);
        Area areaKanan = new Area(kotak);
       
        //Operasi UNION
        area.add(areaKanan);
        g2.setColor(Color.GREEN);
        g2.fill(area);
       
        g2.setColor(Color.RED);
        g2.draw(lingkaran);
        g2.draw(kotak);
    }
}


Hasilnya :

No comments:

Post a Comment